9 Perilaku
Komunikasi dalam konteks pembelajaran.
11A. Perilaku
simtomatik yang tidak dipersepsi.
Yaitu perilaku seseorang yang secara reflek mengkomunikasikan pesan, namun tidak dipersepsi (tidak diperhatikan)
Contoh : Saat sedang mendengarkan penjelasan guru di
kelas, Dika meringis karena kebisingan suasana luar kelas, namun tidak ada
orang lain yang melihat hal itu.
11B. Simtomatik
dipersepsi secara insidental.
Yaitu perilaku seseorang yang secara reflek
mengkomunikasikan pesan, dan pesan tersebut diperhatikan orang lain secara tidak sengaja.
Contoh : Dika meringis saat suara bising di luar
kelas, dan teman Dika menyadari kemudian bahwa Dika terganggu oleh suara bising
di luar kelas.
11C. Simtomatik
diperhatikan
Yaitu perilaku seseorang yang secara reflek mengkomunikasikan pesan dan pesan tersebut diperhatikan oleh orang lain.
Contoh : Andi, teman Dika melihat Dika meringis dan ia
bertanya pada Dika, “Apa kamu juga terganggu dengan kebisingan di luar kelas?”
22A. Pesan
nonverbal tidak dipersepsi.
Contoh : saat mengerjakan soal ulangan, Dika memberi
isyarat kepada Andi untuk memanggilnya dengan berpura-pura batuk, namun Andi
tidak menyadari itu.
22B. Pesan
nonverbal insidental.
Contoh : Andi kemudian menyadari isyarat Dika lalu
berkata, “maaf Dika, saya nggak sadar kamu manggil saya, saya sedang serius
ngerjain soal.”
22C. Pesan
nonverbal diperhatikan.
Contoh: Andi menyadari bahwa Dika memberi isyarat
kepadanya, kemudian Andi membalas isyarat Dika dengan melirik Dika dan berkata,
“Nomor berapa?”
33A. Pesan
verbal tidak dipersepsi.
Contoh : Seorang guru memberi pertanyaan pada siswa
yang sedang melamun, sehingga siswa tersebut tidak mendengar apa yang gurunya
ucapkan.
33B. Pesan
verbal insidental
Contoh : Seorang guru mengoceh memarahi seorang
siswanya yang terlambat , namun siswa tersebut tidak terlalu memperhatikan apa
yang diucapkan gurunya.
33C. Pesan
verbal diperhatikan.
Contoh : seorang dosen menerangkan materi kepada para
mahasiswa yang semuanya memperhatikan dengan jelas materi dari dosen.
No comments:
Post a Comment