Apa yang kamu ketahui
tentang PBAC?
Yang saya tahu tentang PBAC (Pengembangan Bahan Ajar Cetak)
adalah suatu mata kuliah yang di dalamnya terdapat pembelajaran tentang
bagaimana kaidah-kaidah membuat dan mengembangkan bahan ajar (atau lebih
tepatnya bahan belajar) berbentuk cetak yangenalan PBAC ‘sesuai’. Sesuai disini berarti
tepat sasaran, baik dari sgi usia, jenjang, dan sebagainya.
Apa harapan kamu
setelah mengikuti mata kuliah ini?
Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah ini adalah saya
dapat mengaplikasikan ilmu yang saya dapat dari mata kuliah ini untuk mmebuat
dan mengembangkan bahan belajar berbentuk cetak yang sesuai.
Susunan kata-kata dalam kuliah ini (kata-kata ditulis oleh
peserta dalam mata kuliah)
A.
1.
Kurikulum
2.
Penelitian
3.
Peserta Didik
4.
Analisis kebutuhan peserta didik
5.
Materi
6.
Desain
7.
Pengembangan
8.
Menilai
9.
Evaluasi
B.
1.
Bahan ajar
2.
Modul
3.
Poster
4.
Buku
5.
Komik
6.
Hand out
7.
Skripsi
8.
E-book
9.
Industri buku
C.
1.
Cara penulisan
2.
Keterbacaan
3.
Ejaan
4.
Cetakan
D.
1.
Judul
2.
Naskah
3.
Rangkuman
4.
Kisi-kisi
E.
1.
Belajar
2.
Pembelajaran
Pembelajaran adalah
usaha sadar dan terencana yang dilakukan pembelajar untuk membuat pemelajar
(peserta didik) belajar dan mncapai tujuan pembelajaran melalui proses. Jadi
dalam pembelajaran, ada tujuan, proses, rencana, usaha yang sadar. Dan ada
orang yang membeajarkan (pembelajar) dan yang dibelajarkan (pemelajar/peserta
didik). Untuk menciptakan pembelajaran yang tepat, maka harus mengacu pada
pedoman yang bertujuan yaitu kurikulum.
Kurikulum
adalah pedoman, acuan, landasan, yang disusun untuk melaksanakan pembelajaran
agar tujuan pendidikan tercapai. Dan untuk membuat kurikulum, perlu adanya
analisis kebutuhan peserta didik karena objek utamanya adalah peserta didik.
Analisis kebutuhan peserta didik ini dilakukan salah satunya dengan pnelitian
langsung ke lapangan atau observasi.
Setelah
dilakukan penelitian hingga diketahui kebutuhannya, maka dapat diketahui matri
yang sesuai untuk kebutuhan pserta didk tersebut, sehingga dapat didesain bahan
ajar dan bahan belajarnya, melakukan pengembangan hingga jadilah bahan ajar dan
belajar yang dapat dinilai dan dievaluasi sehingga menjadi bahan ajar dan bahan
belajar yang sesuai.
Bahan ajar dan
bahan belajar dapat berupa cetakan, dan digital. Bahan belajar bentuk ceak
misalnya modul, buku, poster, komik, hingga hand-out. Sedangkan bahan belajar
digital dapat berupa e-modul, e-book, hingga game pembelajaran.
Untuk bahan
ajar/belajar cetak, berbeda bentuk cetaknya, berbeda juga cara penulisannya,
ejaannya. Yang pasti harus memperhatikan keterbacaan dari media cetak tersebut.
Produk cetak ini jangan terlalu penuh dengan tulisan karena akan membosankan
pembacanya. Jika produk mebggunakan gaya yag formal, ejaan pada naskah harus
tepat seperti hal-nya menulis skripsi. Judul buku/media cetak harus menarik.
Untuk buku pelajaran dan modul, jangan lupa untuk membuat rangkuman dan
kisi-kisi.
Pembuatan
bahan ajar cetak yang baik dan menarik akan mempertahankan industri buku di
tengah era digital seperti sekarang ini.
No comments:
Post a Comment